SUCCESS STORY KPBU SPAM SEMARANG BARAT

20240123_-_Resmikan_SPAM_Semarang_Barat_Presiden_Bantu_Masyarakat_Peroleh_Air_Bersih_Terjangkau

Warga Semarang Barat, kini tidak lagi kesulitan mendapatkan supplai air bersih. Pasalnya, proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang Barat yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) sudah menjadi jalan keluar bagi permasalahan tersebut.

Sebelumnya, Sumarjo (77) warga Semarang Barat mengaku bahwa ia perlu bersusah payah untuk mendapatkan air bersih, air bersih didapat secara bergilir, mengalir hanya di malam hari dan hanya bisa di akses selama 6 jam sehari[1]. Kondisi ini ia akui berubah semenjak SPAM Semarang Barat mulai beroperasi pada Mei 2021. Air kini bisa diakses baik siang maupun malam. Alirannya pun lancar.

Dalam upaya peningkatan sistem/kinerja, tentu terdapat peningkatan biaya yang menyertainya. Namun kenaikan biaya menurut warga masih tergolong wajar. Kenaikan tagihan air untuk Bapak Sumarjo hanya di kisaran Rp. 150,000. Kenaikan ini sebanding dengan pelayanan yang saat ini diterima oleh warga sehingga tidak terdapat penolakan yang signifikan dari warga terkait peningkatan tarif.

Proyek KPBU SPAM Semarang Barat

Pemerintah Kota Semarang telah merencanakan proyek KPBU SPAM Semarang Barat sebagai salah satu prioritas program pembangunan air minum Kota Semarang dan salah satu upaya dalam rangka mencapai target cakupan pelayanan air minum sebesar 84% pada tahun 2030.

Salah satu sasaran RPJMN 2015-2019 adalah mendorong percepatan pembangunan perumahan rakyat yang didukung oleh penyediaan prasarana, sarana dan utilitas yang memadai, salah satunya melalui penyediaan sarana air minum yang terintegrasi dengan penyediaan dan pengembangan perumahan. Hal ini sesuai dengan kebijakan Pemerintah Kota Semarang sebagai wilayah perkembangan perumahan dan kawasan industri dengan pertumbuhan tinggi serta kawasan komersial.

Proyek SPAM Semarang Barat di prakarsai oleh Pemerntah Kota Semarang (Solicited). Adapun sasaran dilaksanakannya proyek ini untuk menyediakan layanan air bersih 1000lpd yang mampu melayani 70ribu sambungan rumah tangga di Kecamatan Tugu, Ngaliyan, dan Semarang Barat. Adapun informasi yang kam dapatkan terkait KPBU SPAM Semarang Barat adalah sebagai berikut;

  1. PJPK : PDAM Tirta Moedal
  2. BUP : PT. Air Semarang Barat
  3. CAPEX :  417.300.000.000[2]
  4. Masa Konsesi : 25 Tahun
  5. Pengembalian Investasi : Tarif Pengguna
  6. Lingkup KPBU :
    1. Pengoperasian Intake
    2. Pembangunan dan pengoperasian IPA dengan kapasitas output 1000 l/d
    3. Pembangunan dan pengoperasian Jaringan Transmisi
    4. Pembangunan dan pengoperasian 3 Reservoir

Figure 1 Struktur Proyek

 

[1] https://www.msn.com/id-id/berita/other/menilik-manfaat-skema-kpbu-dalam-sistem-penyediaan-air-minum-semarang-barat/ar-BB1qon7O?ocid=BingNewsVerp

[2] https://kpbu.kemenkeu.go.id/proyek/detail/18-proyek-kpbu-spam-semarang-barat#pdt_2


23 July 2024 |